Info Madrasah
Sabtu, 27 Jul 2024
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI!!
3 Juni 2024

MTsN Bulungan Tuan Rumah Apel Gabungan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Senin, 3 Juni 2024 Kategori : Uncategorized

TANJUNG SELOR (Humas MTsN Bulungan) – MTsN Bulungan menjadi tuan rumah Apel Gabungan memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 pada Sabtu (1/6/2024). Turut hadir dalam apel gabungan tersebut yaitu penyelenggara madrasah di Bulungan: MIN, MTsN, dan MAN serta para pegawai Kankemenag Bulungan dan Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Utara.

Pelaksanaan apel digelar di dalam Aula dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat. Kendati demikian, pelaksanaan apel gabungan berjalan khidmat dan lancar. Adapun Guru-Guru MTsN Bulungan ikut andil menjadi bagian sebagai Petugas Upacara dengan Kakanwil Kemenag Kaltara melalui Kabag TU, H. Iramsyah Noor menjadi pembina upacara. Pada upacara peringatan yang berlangsung khidmat itu, ia membacakan pidato yang dirilis oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kepala MTsN Bulungan, Dahlia, menyatakan bahwa sebagai Tuan Rumah, dirinya telah melakukan berbagai persiapan mulai dari penataan tempat, gladi bersih upacara, serta persiapan konsumsi untuk para ASN dan Pramubakti Kementerian Agama yang hadir. Persiapan tersebut dilakukan dengan baik berkat adanya kerjasama dan koordinasi antar Guru dan Satker. Selanjutnya ia berharap agar peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum bagi seluruh civitas madrasah untuk meningkatkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme dengan senantiasa meningkatkan kinerja untuk mengharumkan nama madrasah. Pungkasnya.

Kabag TU, dalam pidatonya menyampaikan bahwa persatuan dan kesatuan, terilhami dari semangat Pancasila sebagai falsafah bangsa. Pancasila sebagai pemersatu bangsa harus dipegang teguh dalam prinsip kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. (Zlv)

MTsN Bulungan Tuan Rumah Apel Gabungan Harlah Pancasila Tahun 2024

Tidak ada komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Peserta Didik yang Dinyatakan Lulus pada PPDB MTsN Bulungan Tahun Pelajaran 2024/2025
Siswa yang dinyatakan lulus berjumlah 128 siswa dengan rincian sebagai berikut. Jalur Afirmasi sebanyak 6..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Akhir Penerimaan Peserta Didik Baru Kampus I Tahun Pelajaran 2023/2024
Hasil kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor 046 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hasil Seleksi..

Agenda

06
Feb 2023
28
Jan 2023