Info Madrasah
Sabtu, 27 Jul 2024
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI!!
26 Maret 2023

Menuju Madrasah Riset, MTsN Bulungan Sambangi Kota Makassar

Minggu, 26 Maret 2023 Kategori : Kegiatan

Tanjung Selor (Humas MTsN Bulungan)  – Berbekal Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6757 Tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Riset Tahun 2020 dimana MTsN Bulungan salah satu Madrasah yang di amanatkan. Tim dari Madrasah Tsanawiyah Negeri Bulungan terbang ke Kota makassar setelah melakukan survey di beberapa tempat dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran, kemiripan karakter budaya lokal dan target capaian program maka MTsN 1 Kota Makassar menjadi pilihan paling tepat dalam destinasi studi tiru terkait penyelenggaraan Madrasah Riset di MTs.N Bulungan(20/3/2023).

Dalam kunjungan tersebut Tim MTs.N Bulungan yang di pimpin oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bulungan Dahlia, S. Pd dan di dampingi oleh Kepala Urusan Tata Usaha Nasrullah SHI serta Guru Ahli Bidang Studi  Nuranda Rizqa Afini, S.Pd. Sementara pihak tuan rumah, Saat tiba di MTs.N 1 Kota makassar di sambut hangat oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Makassar Zulfikah Nur, S. Pd.I.,M.Pd  beserta jajarannya yang turut hadir dalam penyambutan di antaranya Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas dan Guru Riset serta beberapa civitas madrasah lainnya.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota makassar Zulfikah Nur menyambut baik atas kunjungan tersebut “ Kami sangat berterimakasih atas kunjungan kawan – kawan yang sudah jauh – jauh dari kaltara demi untuk bersilaturrahim dengan MTs.N 1 Kota Makassar yang di dahului dengan surat pemberitahun sehingga kami punya waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin saja sangat dibutuhkan oleh kawan – kawan, terutama masalah waktu karena mengingat di tempat kami selalu kedatangan tamu dari luar daerah bahkan ada yang dari pulau Jawa pun merujuk kesini” ujar Zulfikah.

Pada kesempatan tersebut diskusi berjalan sangat aktif dimana Tim dari MTs.N Bulungan terus menggali informasi terkait penyelenggaraan riset di Madrasah baik dari segi penerapan, managemen pelaksanaan sampai pada system penganggaran program yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan serta diskusi – diskusi ringan dengan para pengajar dan juga peserta didik. Tak sampai disitu saja Tim dari MTs.N Bulungan setelah dari MTs.N 1 Kota Makassar kemudian melanjutkan kunjungan ke MAN 2 Kota Makassar yang juga menjadi Madrasah favorit dengan segudang prestasi yang bukan hanya skala nasional bahkan juga ada yang berskala internasional dan beberapa sekolah Islam terpadu yang memiliki prestasi dibidang masing – masing.

Di sisi lain Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Bulungan, Dahlia, S.Pd menjelaskan, penyelenggaraan riset di Madrasah ini sudah menjadi kebutuhan bagi Madrasah terutama persaingan di era 5.0 atau five point zero dimana konsep yang memungkinkan manusia menggunakan ilmu pengetahuan berbasis teknologi modern untuk memenuhi kebutuhan dan mempermudah kehidupan manusia.

Hal ini sejalan dengan program Ditjen Pendis yang terus berupaya untuk membuat kebijakan dalam rangka meningkatkan mutu dan daya saing Madrasah yang salah satunya adalah pencanangan Program Madrasah Riset Nasional (Promadrina) pada Tahun 2013. Promadrina launching di Mataram oleh Menteri Agama Surya Darma Ali. Program ini merupakan upaya menumbuhkan kecintaan peserta didik madrasah terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) melalui kegiatan penelitian. Promadrina ditargetkan menjadi ujung tombak pengasah kemampuan riset peserta didik madrasah.(*N)

Tidak ada komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Peserta Didik yang Dinyatakan Lulus pada PPDB MTsN Bulungan Tahun Pelajaran 2024/2025
Siswa yang dinyatakan lulus berjumlah 128 siswa dengan rincian sebagai berikut. Jalur Afirmasi sebanyak 6..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Akhir Penerimaan Peserta Didik Baru Kampus I Tahun Pelajaran 2023/2024
Hasil kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor 046 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hasil Seleksi..

Agenda

06
Feb 2023
28
Jan 2023