Info Madrasah
Kamis, 25 Jul 2024
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI!!

Kiat Belajar Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Selasa, 30 November 2021 Oleh : Zulva

Zulva Zannatin Alia – Guru BK MTsN Bulungan

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 tidak lama lagi akan diselenggarakan. Memasuki jadwal pelaksanaan PAS, tentu ada persiapan-persiapan yang bisa kita lakukan agar pelaksanaan berjalan lancar tanpa hambatan. Ya, salah satu persiapannya yaitu dengan belajar. Ternyata dalam belajar ada tips atau kiat yang bisa kita ikuti agar tujuan belajar tercapai dengan maksimal. Pada tulisan ini, kita akan membahas tentang Kiat-kiat atau Tips Belajar Menghadapi PAS.

  1. Merubah Pola Belajar

Seringkali siswa belajar mendadak hanya saat akan menjelang ujian. Mereka belajar hingga larut malam, bahkan hingga pagi sehingga terkenal dengan istilah sistem kebut semalam (sks) , yang artinya belajar semalam sebelum ujian dilaksanakan. Apakah kalian pernah melakukan ini? Jika iya, stop! Berhenti sekarang juga. Belajar hingga larut malam hanya akan membuat fisik menjadi lemah sehingga otak dan pikiran tidak bekerja secara maksimal. Siswa dengan pola belajar yang seperti ini juga rentan terkena stress karena harus belajar materi yang banyak dengan waktu singkat. Oleh karena itu rubah pola belajar yang tadinya dirapel menjadi dicicil. Ibarat medan perang, maka jauh-jauh hari kita sudah harus berlatih agar ketika mendekati hari H pertempuran kita sudah menguasai teknik-teknik bertempur. Begitu pula dengan ujian, menjelang hari H hendaknya difokuskan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran agar keesokan harinya dapat menghadapi ujian dengan kondisi fresh.

2. Sering Menjawab Latihan Soal

Dalam menghadapi ujian dengan soal pilihan ganda, maka cara ini patut dicoba, yaitu dengan sering menjawab latihan soal. Seperti pada konsep learning by doing, seringkali siswa lebih mudah memahami soal karena ia sering berlatih soal. Membaca materi saja tanpa berlatih soal akan lebih sulit dipahami ketimbang berlatih soal secara terus menerus. Dengan mengetahui letak kesalahan dalam pengerjaan soal, maka akan lebih mudah dipahami siswa ketimbang dengan membaca materi yang terlalu panjang.

3. Belajar Kelompok

Belajar berkelompok membantu kita untuk lebih memahami materi dan soal-soal yang disampaikan ketimbang dengan belajar sendiri. Dengan belajar kelompok, siswa dapat bertukar ide dan gagasan dengan teman kelompoknya, selain itu juga dapat membantu menumbuhkan nalar kritis siswa terhadap persoalan yang dihadapi.

4. Pilih Suasana yang Nyaman

Pemilihan tempat belajar juga mempengaruhi suasana atau mood dalam belajar. Sebelum ini, siswa juga harus mengetahui gaya belajar yang dimilikinya seperti apa. Visual, Auditory, Kinestetik, dan lain-lain. Cari suasana senyaman mungkin dalam belajar. Dengarkan musik serta menata tempat belajar agar lebih nyaman dalam belajar.

5. Berdoa dan Mohon Restu Orang Tua

Berdoa kepada Allah SWT menjadi hal utama yang harus dilaksanakan. Ketika ikhtiar lahir sudah dilaksanakan maka selanjutnya kita serahkan hasilnya kepada ketetapan Allah SWT. Tentunya dengan tetap memohon perlindungan dan menyerahkan semuanya agar ujian dapat berjalan dengan baik.

Selain itu meminta maaf dan restu orang tua juga menjadi kunci keberhasilan ujian yang akan kalian laksanakan. Percayalah, doa kedua orangtua adalah senjata paling ampuh dalam hidup. Maka, jangan lupa sebelum ujian, minta maaf dan mohon restu dulu ya ke orang tua !

Demikian, semoga bermanfaat !

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Peserta Didik yang Dinyatakan Lulus pada PPDB MTsN Bulungan Tahun Pelajaran 2024/2025
Siswa yang dinyatakan lulus berjumlah 128 siswa dengan rincian sebagai berikut. Jalur Afirmasi sebanyak 6..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Akhir Penerimaan Peserta Didik Baru Kampus I Tahun Pelajaran 2023/2024
Hasil kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor 046 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hasil Seleksi..

Agenda

06
Feb 2023
28
Jan 2023