Info Madrasah
Kamis, 25 Jul 2024
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI!!
6 Juni 2022

Seleksi PPDB MTsN Bulungan Masuk dalam Tahap Tes Kompetensi Keagamaan dan Wawancara

Senin, 6 Juni 2022 Kategori : Siswa

Tanjung Selor (Humas, MTsN Bulungan)   Proses   Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2022 di MTsN Bulungan  masuk pada tahapan  te s kompetensi keagamaan yang meliputi  tes membaca Al-Qur’an, hafalan surah-surah pendek Juz 30 dan  praktik sholat.  Adapun  wawancara singkat seputar alasan ataupun motivasi mendaftar di MTsN Bulungan, pekerjaan orang tua juga bakat minat, pengalaman atau prestasi yang pernah diraih.

Tes kompetensi keagamaan yang selama dua tahun terakhir hanya dilaksanakan secara daring karena kondisi pandemi Covid”19 kali ini dapat dilaksanakan secara tatap muka lagsung. Kepala MTsN Bulungan Dahlia, S.Pd. bersama Pengawas Madrasah Siti Aminah, S.Ag, M.Pd. memonitoring secara langsung kegiatan tes dan wawancara seleksi PPDB MTsN  Bulungan tersebut, “ Alhamdulillah tes dan wawancara dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung, semoga akan mendapatkan hasil yang maksimal ” Ungkapnya karena pengalaman selama daring banyak sekali  kendala baik kendala yang bersifat teknis maupun kualitas hasil “ Daring tentu sangat berbeda dengan kita betatap muka secara langsung”. Tandasnya.  Pihaknya juga berharap semua proses dapat berjalan denagan baik, akuntabel dan berintegritas “ Semoga semua proses dapat berjalan dengan lancar, akuntabel dan dapat dipetanggung jawabkan” Karena masyarakat saat ini sangat kritis dan cerdas. Pungkasnya.

 Tes Kompetensi keagamaan dan wawancara kali ini dijadwalkan  berlangsung selama 3 hari mulai pada Senin 6 Juni 2022 hingga Rabu, 8 Juni 2022 diawali pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00 setiap harinya dengan melibatkan 4 orang penguji yang dinilai sangat berpengalaman dan berkompeten dalam bidangnya terkait tes dimaksud.

 Tes membaca Al-Qur’an meliputi kelancaran bacaan, ketepatan tajwid, dan ketepatan  makhorijul huruf (Bacaan  wajib surah At-Takhrim ayat 5 ditambah 2 ayat pilihan bebas). Hafalan surah-surah pendek Juz 30 mulai Surah Ad-Dhuha sampai dengan An-Naas dengan cara mencabut lot/undian jika surah yang tercabut dirasa belum hafal peserta tes diberikan alternatif memilih surah yang sudah dikuasai /dihafal namun ada pengurangan nilai. Sedangkan praktik sholat meliputi ketepatan, kelancaran, kefasihan bacaan sholat dan ketepatan gerakan sholat.

Pada umumnya peserta tes datang dengan didampingi orang tua masing-masing. Meski demikian masih sebagian besar terlihat gugup sehingga banyak yang ngebleng   pada lupa apa yang sudah dihafalkannya. Dan saat wawancara sebagian besar juga masih sangat polos dalam memberikan jawaban “Apa alasannya masuk /daftar di MTsN Bulungan? Karena disuruh orang tua karena ikuti teman dan lain sebagainya meski ada beberapa yang menyatakan murni keinginan sendiri dan didukung oleh orang tua alasannya agar bisa memperdalam ilmu agama” Ungkapnya.(*M)          

Tidak ada komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Peserta Didik yang Dinyatakan Lulus pada PPDB MTsN Bulungan Tahun Pelajaran 2024/2025
Siswa yang dinyatakan lulus berjumlah 128 siswa dengan rincian sebagai berikut. Jalur Afirmasi sebanyak 6..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Akhir Penerimaan Peserta Didik Baru Kampus I Tahun Pelajaran 2023/2024
Hasil kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor 046 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hasil Seleksi..

Agenda

06
Feb 2023
28
Jan 2023