Info Madrasah
Rabu, 24 Jul 2024
  • MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI!!
26 Januari 2022

Comparison Board Game, Metode Belajar Bahasa Inggris Anti Jenuh

Rabu, 26 Januari 2022 Kategori : Guru

Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang saat ini menjadi primadona di lingkungan madrasah. Pasalnya, perkembangan teknologi saat ini dan persaingan dunia hiburan internasional menyebabkan banyak remaja yang mengidolakan bintang-bintang dari luar negeri seperti K-Pop dan Bintang Film Bollywood. Hal ini menyebabkan Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang paling diminati karena anggapan bahwa remaja yang mampu berbahasa Inggris adalah remaja yang keren.

Namun, proses pembelajaran Bahasa Inggris dapat menjadi dua bilah mata pisau, akan menjadi menyenangkan jika Guru mampu menghidupkan suasana namun menjadi membosankan pada materi tertentu karena karakteristik Bahasa itu sendiri yang sarat dengan pelajaran berbasis kata-kata, tidak santifik seperti IPA maupun Matematika.

Demi menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, Mashela Mimi Suarti, S.Pd., selaku Guru Bahasa Inggris menggunakan Metode Pembelajaran menggunakan permainan berupa Board Game pada materi Degree of Comparison. Bahan yang dibutuhkan tidak mengeluarkan biaya yang besar, hanya kertas dan lem untuk menyusun kata-kata sesuai dengan aturan permainan. Kelompok siswa yang mengumpulkan lebih dulu dan mendapatkan jawaban benar paling banyak menjadi pemenangnya.

Comparison Board Game bertujuan sebagai variasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar tidak jenuh. Harapannya kedepan siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris, dan lebih banyak lagi Guru-Guru yang menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa lebih bersemangat.” Pungkasnya.

Kamad MTsN Bulungan, Dahlia, S.Pd., mengapresiasi Guru-Guru yang melakukan inovasi pembelajaran. Ia mengungkapkan harapannya kepada Guru-Guru untuk memberikan pelayanan yang terbaik serta bekerja dari hati. Ia menghimbau  kepada Guru untuk memberikan variasi dalam pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dalam belajar (z*).

Tidak ada komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Peserta Didik yang Dinyatakan Lulus pada PPDB MTsN Bulungan Tahun Pelajaran 2024/2025
Siswa yang dinyatakan lulus berjumlah 128 siswa dengan rincian sebagai berikut. Jalur Afirmasi sebanyak 6..
Diterbitkan :
Pengumuman Hasil Akhir Penerimaan Peserta Didik Baru Kampus I Tahun Pelajaran 2023/2024
Hasil kelulusan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Madrasah Nomor 046 Tahun 2023 Tentang Penetapan Hasil Seleksi..

Agenda

06
Feb 2023
28
Jan 2023